Mewujudkan Pejuang Pembaharu Dunia yang Kompeten, Berhati Nurani Benar, dan Berkepedulian Sosial.

Menjadi Manusia Bagi Sesama

Rabu, 08 Maret 2017 11:35

 

SMA Kolese Loyola terus berupaya membina para siswa menjadi pribadi yang utuh dan bermakna bagi sesama manusia (forming men and women for others). Pribadi yang utuh tersebut mengarah pada integritas pribadi yang memiliki Kompetensi, Konsiens, Kompasion dan Komitmen. Inilah nilai-nilai yang terus dihidupi di Loyola yang lebih dikenal dengan istilah 4C. Pada tanggal 10 - 14 Maret 2017 KKL (Keluarga Kolese Loyola) kelas X dan XI mengikuti kegiatan Live In dan Ekskursi. Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah setiap tahun yang bertujuan untuk mewujudkan nilai 4C yang selama ini dihidupi di Loyola.

 

Live In SMA Kolese Loyola tahun 2017 dilaksanakan di Paroki Danan, Wonogiri. Melalui kegiatan Live In siswa kelas X diajak untuk menyelami kehidupan keluarga-keluarga sederhana di pedesaan dengan bimbingan guru. Mereka benar-benar ikut dalam kegiatan kerja di keluarga tempat mereka tinggal dan juga ikut merasakan keprihatinan, suka duka, dan perasaan keluarga tersebut. Dari segala kesederhanaan itu, harapannya siswa dapat semakin dewasa dalam memandang realitas kehidupan ini dan juga mampu memaknai hidupnya serta dapat menentukan arah hidupnya jauh ke depan dalam menghadapi tantangan zaman.

 

Sedangkan KKL kelas XI menjalani kegiatan Ekskursi yang dilaksanakan di beberapa panti yang terdapat di Jawa Tengah antara lain Panti Asuhan, Panti Wredha, Panti Cacat Ganda dan Sekolah Luar Biasa. Kegiatan ini menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi siswa untuk melatih komitmen dalam bela rasa atau Compassion yang selama ini mereka hayati di dalam komunitas Loyola. Selama melaksanakan ekskursi, para siswa diharapkan dapat mensyukuri hidupnya, belajar hidup bersama, memahami kehidupan setiap pribadi di panti, dan mau serta rela berbagi.


Selamat kepada KKL kelas X dan kelas XI yang sudah menjalani masa Live In dan Ekskursi. Semoga pengalaman ini mengajarkan banyak hal terutama belajar tentang hidup untuk terus berusaha Menjadi Manusia Bagi Sesama (JT).

 

A M D G

 

 

 

 

 

 

SMA KOLESE LOYOLA  - JL. Karanganyar No.37 Semarang, Indonesia 50135
Tlp. (024) 3546945 - 3548431  Fax (024) 3548200

Email: koleseloyola@loyola-smg.sch.id